Profil Kabupaten Aceh Besar Provinsi NAD

{0 Comments}

Kabupaten Aceh Besar adalah salah satu kabupaten di Provinsi Aceh, Indonesia. Sebelum dimekarkan pada akhir tahun 1970-an, ibu kota Kabupaten Aceh Besar adalah Kota Banda Aceh, kemudian Kota Banda Aceh berpisah menjadi kotamadya sehingga ibu kota Kabupaten Aceh Besar pindah ke daerah Jantho di Pegunungan Seulawah. Kabupaten Aceh Besar juga merupakan tempat kelahiran pahlawan nasional Cut Nyak Dhien yang berasal dari Lampadang.

Pada waktu Aceh masih sebagai sebuah kerajaan, yang dimaksud dengan Aceh atau Kerajaan Aceh adalah wilayah yang sekarang dikenal dengan nama Kabupaten Aceh Besar ditambah dengan beberapa kenegerian/daerah yang telah menjadi bagian dari Kabupaten Pidie. Selain itu, juga termasuk Pulau Weh (sekarang telah menjadi pemerintah kota Sabang), sebagian wilayah pemerintah kota Banda Aceh, dan beberapa kenegerian/daerah dari wilayah Kabupaten Aceh Barat. Aceh Besar dalam istilah Aceh disebut Aceh Rayeuk.

peta kabupaten aceh besar

Penyebutan Aceh Rayeuk sebagai Aceh yang sebenarnya karena daerah inilah yang pada mulanya menjadi inti Kerajaan Aceh dan juga karena di situlah terletak ibukota kerjaaan yang bernama Bandar Aceh atau Bandar Aceh Darussalam. Untuk nama Aceh Rayeuk ada juga yang menamakan dengan sebutan Aceh Lhee Sagoe (Aceh Tiga Sagi).

Saat ini Aceh Besar merupakan sebuah kabupaten yang terdapat di dalam wilayah Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam, dengan ibukotanya Kota Jantho. Namun, di Kota Jantho hanya terdapat kompleks perumahan dan kantor-kantor pemerintahan, tidak ada losmen ataupun hotel. Kota Jantho dihubungkan dengan labi-labi dengan jarak 60 km dari Banda Aceh, 28 km menuju Saree, dan 12 km menuju jalan utama Banda Aceh – Medan. Kira-kira 12 km dari Kota Jantho ini terdapat air terjun.

Wilayah darat Aceh Besar berbatasan dengan Kota Banda Aceh di sisi utara, Kabupaten Aceh Jaya di sebelah barat daya, serta Kabupaten Pidie di sisi selatan dan tenggara.

Aceh Besar juga mempunyai wilayah kepulauan yang termasuk Kecamatan Pulo Aceh, dan pernah menjadi Markas Besar Gerakan Aceh Merdeka. Akan tetapi pulau-pulau itu telah dibebaskan dari unsur GAM pada masa Darurat Militer. Kabupaten Aceh Besar bagian kepulauan di sisi barat, timur dan utaranya dibatasi dengan Samudera Indonesia, Selat Malaka, dan Teluk Benggala, yang memisahkannya dengan Pulau Weh, tempat di mana Kota Sabang berada. Pulau-pulau utamanya adalah:

  • Pulau Breueh
  • Pulau Peunasoe (atau Pulau Nasi)

Secara geografis sebagian besar wilayah Kabupaten Aceh Besar berada pada hulu aliran Sungai Krueng Aceh. Saat ini kondisi tutupan lahan (land cover) adalah 62,5% (menurut data citra landsat tahun 2007).

Bandar Udara Internasional Sultan Iskandar Muda yang merupakan bandara internasional dan menjadi salah satu pintu gerbang untuk masuk ke Provinsi Aceh berada di wilayah kabupaten ini.

Pulau Benggala yang merupakan pulau paling barat dalam wilayah Republik Indonesia merupakan bagian dari Kabupaten Aceh Besar.

Banyaknya Kecamatan 23, Banyaknya Kemukiman 68. Nama nama Kecamatan yang ada di Kabupaten Aceh Besar adalah : Kecamatan Lhoong, Kecamatan Lhoknga, Kecamatan Indrapuri, Kecamatan Seulimum, Kecamatan Mesjid Raya, Kecamatan Darussalam, Kecamatan Kuta Baro, Kecamatan Montasik, Kecamatan Suka Makmur, Kecamatan Darul Imarah, Kecamatan Ingin Jaya, Kecamatan Peukan Bada, Kecamatan Pulo Aceh, Kecamatan Leupung, Kecamatan Simpang Tiga, Kecamatan Durul Kamal, Kecamatan Kuta Malaka, Kecamatan Baitussalam, Kecamatan Krueng Barona Jaya, Kecamatan Kota Jantho, Kecamatan Lembah Seulawah, dan Kecamatan Blang Bintang.

Komoditi unggulan Kabupaten Aceh Besar yaitu sektor pertanian dan jasa. Sektor pertanian komoditi unggulannya adalah sub sektor tanaman perkebunan dengan komoditi Kelapa sawit, kakao, karet, kopi, kelapa, cengkeh. Sub sektor pertanian komoditi yang diunggulkan berupa komoditi jagung, Pisang dan Ubi kayu, Pariwisatanya yaitu wisata alam dan budaya.

Sebagai penunjang kegiatan perekonomian, di provinsi ini tersedia 1 bandar udara, yaitu Bandara Cut Nyak Dien, Untuk transportasi laut Kabupaten Aceh Besar Memiliki 1 Pelabuhan yaitu Pelabuhan Malahayati. Dan memiliki 2 Kawasan Industri diantaranya Kawasan Industri Blang Ulam, dan Kawasan Industri Asia Blang

Sumber Data:
Aceh Dalam Angka 2011
(30-9-2011)
BPS Provinsi Aceh

Updated: 13-6-2012

Leave a Comment

Your email address will not be published.

*